You are here: Home » kesehatan » 8 Manfaat Sehat dari Kembang Kol

8 Manfaat Sehat dari Kembang Kol

kembang kol

kembang kol

Kembang kol termasuk sayuran yang jarang kita makan. Paling-paling, kita menemukannya dalam menu seperti capcay. Mungkin karena kita tidak tahu bagaimana alternatif mengolah kembang kol.

Padahal, sayuran ini ternyata begitu kaya nutrisinya. Kembang kol memiliki proporsi senyawa sulfur yang baik, dan diketahui mampu mendukung kemampuan liver untuk menetralisir racun. Mengonsumsi sayuran dari keluarga kembang kol, seperti brokoli, juga dikenal mampu mencegah kanker.

Berikut manfaat kesehatan dari kembang kol berikut ini:

1. Menjaga kesehatan jantung
Vitamin C, K, dan beberapa asam lemak omega-3 pada kembang kol mampu membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Kembang kol merupakan salah satu dari makanan terbaik untuk mendukung sistem kardiovaskular, yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Setiap hari kita membutuhkan serat lebih dari 25 gram, dan kembang kol merupakan sumber serat yang tinggi. Mengonsumsi beberapa potong kembang kol dapat memenuhi lebih dari 3 gram dari asupan harian kita, sehingga membantu membersihkan saluran pencernaan. Meningkatkan asupan serat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, memperbaiki sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

3. Membangun sistem kekebalan tubuh
Kembang kol juga mengandung antioksidan yang tinggi. Anda tentu tahu bahwa antioksidan itu sendiri memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai anti peradangan dan membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Membantu perkembangan janin
Kembang kol ternyata juga membantu kesehatan perempuan selama kehamilannya. Sayuran ini kaya akan folat dan vitamin seperti vitamin A dan B, yang membantu pertumbuhan sel-sel. Hal ini tentunya membantu perkembangan janin sesuai usianya. Selain itu, kembang kol juga merupakan sumber vitamin C yang juga bermanfaat selama kehamilan. Konsumsi setidaknya secangkir kembang kol setiap hari.

5. Menguatkan tulang dan gigi
Sumber kalsium ternyata bukan hanya susu. Kembang kol juga merupakan sumber kalsium yang baik, dengan sejumlah manfaat yang menyehatkan. Antara lain, membantu menguatkan tulang dan gigi, serta beberapa fungsi penting lain seperti transmisi impuls saraf. Kembang kol juga membantu membentuk vitamin K di dalam tubuh. Selain berperan dalam perkembangan tulang, vitamin K juga mempercepat terjadinya pembekuan darah jika terjadi luka atau cedera.

6. Sumber mineral yang tinggi
Kembang kol mengandung seng (membantu membentuk sel-sel baru dan menyembuhkan luka), mangan (membantu membuat dan mengaktifkan ensim-ensim), fosfor (membantu menguatkan tulang), selenium (membantu memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh), magnesium (membantu kelenjar parathyroid yang memproduksi hormon-hormon yang diperlukan bagi tulang agar berfungsi normal), dan sodium (membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh).

7. Mengurangi risiko kanker
Kembang kol membantu mengurangi beberapa risiko kanker, seperti kanker paru, kanker payudara, dan kanker usus. Berbagai sayuran lain yang termasuk dalam keluarga kembang kol, seperti brokoli dan kale, memang disebut-sebut mampu mengurangi risiko kanker.

8. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kembang kol merupakan elemen kunci untuk membakar lemak. Sayuran ini juga mengandung folat yang juga membantu penurunan berat badan. Kembang kol juga merupakan bahan makanan tanpa pati yang bisa dikonsumsi tanpa perlu membatasi jumlahnya. Bayangkan, secangkir kembang kol hanya mengandung sekitar 30 kalori.

sumber: http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Diet/Nikmati-Manfaat-Sehat-dari-Kembang-Kol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *